Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini

Kamis, 08 Maret 2012

Tips sederhana mengatasi anak yang susah makan


Pertama, wujudkan suasana ruang makan yang menyenangkan. Meja makanyang ditata rapi.bila selama ini meja makan terkesa kumuh, maka alasilah meja makan dengan taplak uang bersih. Piring dan sendok sebaiknya disusun berderet dan hiasi dengan serbet yang berwarna indah. Tidak mahal,namun cukup manis dan yang mengundang selera.
Kedua, saat acara makan tiba, sebaiknya ibu dan ayah dapat duduk di depan meja makan denagan wajah ceria. Tidak ada teriakan dan omelan, yang ada hanyalah suasana sejuk. Ayah dan ibu berbicaralah dengan nada lembut.
Kasus sulit makan pada anak-anak umumnya bermulaketika kebiasaan makan itu sendiri diperkenalkan kepadanya untuk pertama kali. Apabila anak mengenal kebiasaan makan ini dalam suasana yang menyenangkan, maka anak pun akan merasa senang untuk menikmati makanannya. Daya tarik itu dapat diciptakan dengan menata meja makan agar tampak bersih dan rapi, seluruh keluarga duduk bersama suasana gembira, piring dan sendok disajikan dalam bentuk atau warna khas yang menarik bagi anak dan sebagainya. Sebaliknya, apabila suasana makan penuh dengan ketegangan, misalnya ketika makan anak digendong dan disuapi dengan cara yang memaksa dan waktu makan tidak didukung suasana yang tidak menyenangkan dengan aktivitas makannya. Hal ini mengakibatkan anak merasa bahwa aktivitas makan sungguh tidak menyenangkan, sehingga ia akan membenci aktivitas itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar